MENYAMBUT RAMADHAN DENGAN PADUSAN

Posted in By wilujeng 0 komentar


MARHABAN YA RAMADHAN
(lelaku menyambut ramadhan di tanah kelahiran)

Ramadhan telah tiba, kita menyambutnya dengan gembira, seperti kita bergembira mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Mengapa kita bergembira dengan datangnya Ramadhan tentu banyak alasan yang melatar belakanginya salah satunya karena Ramadan adalah berkah. Sungguh Allah Ta’ala memuliakan bulan yang penuh berkah ini dan menjadikannya sebagai salah satu musim besar untuk menggapai kemuliaan di akhirat kelak, yang merupakan kesempatan bagi hamba-hamba Allah Ta’ala yang bertakwa untuk berlomba-lomba dalam melaksanakan ketaatan dan mendekatkan diri kepada-Nya. Bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan dan keberkahan, padanya dilipatgandakan amal-amal kebaikan, disyariatkan amal-amal ibadah yang agung, di buka pintu-pintu surga dan di tutup pintu-pintu neraka. Sejak bulan Sya'ban, Rasulullah menganjurkan ummatnya agar mempersiapkan diri menyambut kedatangan 'tamu mulia' bernama Ramadhan dengan memperbanyak ibadah, terutama ibadah shaum sunah. Hal ini sebagai persiapan mental sekaligus fisik untuk menghadapi bulan yang disucikan itu.
Sejak bulan Sya'ban, Rasulullah menganjurkan ummatnya agar mempersiapkan diri menyambut kedatangan 'tamu mulia' bernama Ramadhan dengan memperbanyak ibadah, terutama ibadah puasa sunah. Hal ini sebagai persiapan mental sekaligus fisik untuk menghadapi bulan yang disucikan itu. Saat-saat menanti Ramadhan, para sahabat Nabi SAW tak bedanya seperti calon pengantin yang merindukan hari-hari pernikahannya. Tiada seorangpun di antara kaum Muslimin yang bersedih hati ketika menghadapi Ramadhan. Sebaliknya mereka bersuka cita dan bergembira, menyambutnya dengan penuh antusias dan semangat membara. Selanjutnya bagaimana kita menyambut Ramadhan, sudah siapkah kita?.
 
Ditanah kelahiran saya, setiap menjelang Ramadhan banyak tradisi yang dipersiapkan, salah satunya adalah tradisi PADUSAN. Padusan (mandi) merupakan ritual menyambut ramadhan dengan mandi untuk membersihkan badan kita menyambut datangnya Ramadhan. Padusan itu upacara berendam atau mandi di sungai  atau sumber mata air . Tradisi ini disebut “Padusan” yang bermakna agar jiwa dan raga seseorang yang akan melakukan ibadah puasa bersih secara lahir dan batin. Selain itu juga bermakna sebagai pembersihan diri atas segala kesalahan dan perbuatan dosa yang telah dilakukan sebelumnya. 
 
Agar tamu kita merasa betah tentunya kita menyambutnya dengan baik, Ramadhan sebagai tamu kita tentunya kita sambut dengan baik pula. Lalu bagaimana kita menyambut Ramadhan kali ini, sudahkah kita melaksanakan PADUSAN agar bersih jiwa raga kita. Padusan  maksudnya ngadusi ati yang najis dengan lelaku yang salih, Padusan maksudnya ngadusi awak yang kotor. 
 
Bagaimana tradisi anda menyambut RAMADHAN......
 
@SALAM SALIM SLAMET