LELAKU PRIHATIN

Posted in By wilujeng 0 komentar

BERTAPA DENGAN LELAKU PRIHATIN
(bila ingin usaha sukses cobalah untuk prihatin)

Anda sering mendengar kata PRIHATIN, sebuah kata yang sering kita dengar dari orangtua atau orang yang lebih tua usianya dari kita, atau orang yang dituakan. Mungkin telinga anda malah sudah bosan mendengar kata PRIHATIN.  PRIHATIN  asluhu PERIH ing njero BATIN, jadi perih karena batin kita di kekang untuk tidak mengikuti hawa nafsu. Puasa salah satunya TAPABRATA lelaku prihatin yang ada dalam ISLAM. 


Mengekang hawa nafsu pastinya akan sangat susah, maka adakalanya lelaku prihatin memerlukan latihan yang kontinyu, disiplin dan kesabaran yang tinggi agar dapat mendapatkan hasil yang memuaskan atau minimal proses tapabrata menjadi alat untuk berlatih menemukan keinginan kita.

Seperti apa kita bertapabrata dengan leleku prihatin dalam dunia modern seperti sekarang ini. Hal inilah yang akan kita bahasakan disini sesuai dengan standar ilmu yang tidak jelas asal-usulnya. Tapabrata dalam dunia yang telah lalu oleh berbagai macam tradisi dari berbagai belahan dunia telah menjadi kebudayaan tersendiri. Contoh mudah di tanah Djawa banyak sekali jenis Tapabrata yang ada dan berkembang sampai sekarang, seperti puasa mutih, pati geni, tapa ngrame dan lain sebagainya. Contoh demikian sudah jarang sekali orang yang mau menjalankan kecuali terpaksa bili menginginkan sesuatu seperti nyalon Lurah atau anggota Dewan.
Tapabrata dalam dunia modern sangatlah sulit apabila mengikuti tata cara tapabrata pada kebudayaan yang telah lalu. Hal ini berasumsi dari banyaknya calon Lurah, Bupati, Anggota Dewan yang tidak terpilih lebih banyak dari yang terpilih karena GAGAL tapabratanya. Berikut cara sederhana tapabrata dalam dunia modern :
  1. Makanlah seadanya (anane sate yang dipangan sate, umpamane nang umah anane tempe yang metu tuku sate nang warung)
  2. Minumlah alakadarnya (anane kopi ya di unjuk kopinipun, umpamane anane banyu putik ya meng warung tuku gula kopi apa teh supayane bisa moci)
  3. Berpakaianlah apa adanya asal bisa nutupi aurat, tidak usah bermerk bila sudah terlanjur beli yang bermerk tutupilak merknya.
  4. Tidurlah bila sudah ngantuk, karena tidak mungkin tidur bila tidak ngantuk.
  5. Berbicaralah seperlunya, karena ngomong nmgalor ngidul malah akan dikira orang gila.
  6. Jangan menggunaan kuping untuk mendengar hal-hal yang tidak berguna. contoh jangan mendengarkan suara mercon atau ban meletus karena bisa mengakibatkan telinga sakit
Hal-hal diatas memang mengandung pengertian yang tidak jelas asal-usulnya, tidak ada relevansinya dengan tapabrata agar usaha anda sukses.  Jelas saja usaha tidak akan berhasil hanya dengan tapabrata. Usaha akan berhasil hanya dengan usaha keras dan pasrah pada yang maha Pemberi.
Demikian semoga tulisan ini menambah kehidupan anda menjadi lebih berwarna entah kelabu atau hitam. Gambar diambil dari sini
@salam salim slamet