MEMBURU UANG

Posted in By wilujeng 0 komentar

UANG
(alat penukaran sederhana, hingga menimbulkan TUKARAN)

Lagi-lagi saya ajak anda untuk klik kata UANG di mesin pencari GOGLE anda. Ada sekitar 8.330.000 web yang ditemukan dalam 0.11 detik, waduk alangkah banyaknya Orang yang mencari uang. apa sih Uang itu koq dicari-cari?. Dari Wikipedia definisi uang dalam  ilmu ekonomi tradisional adalah sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Awalnya uang difungsikan sebagai alat tukar menukar, menggantikan barter yang terlalu ribet. sampai muncul uang sebagai barter yang dianggap mempermudah penukaran. Kemudian muncullah uang kertas dan koin sehingga semakin sederhana fungsi alat penukaran itu. Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.

Dari sejarahnya, teori tentang uang secara sederhana hanyalah sebagai alat tukar menukar. Kemudian entah karena apa uang juga sebagai alat untuk TUKARAN (Djawa = Perang, bertikai). Kebanyakan darinya adalah bagai mana cara memperoleh sehingga menjadi tukaran, bukan uang sebagai alat penukar.  Banyak contoh kasus karena mencari uang saudara jadi musuh, teman jadi lawan.

Sebagai alat untuk tukar-enukar harusnya uang menjadikan lawan jadi kawan, bukan hanya dalam urusan politik saja, tapi kawan yang sesungguhnya. Jangan uang hanya dijadikan alat bertikai, jadikanlah uang sebagai alat pemersatu. Uang sebagai alat untuk membeli sesuatu ,mobil misalnya, bagaimana kalau kita ingin mobil tapi tanpa uang. Bukankan kita ingin mobilnya bukan uangnya. Ingat uang itu hanya alat untuk mencapai sesuatu, kalau sesuatu itu bisa kita peroleh tanpa uang mangapa kita bertikai hanya karena uang.

Bagi anda yang pernah atau sedang bertikai dalam menumpuk uang, hendaknya anda mulai sekarang berfikir ulang tentang uang, berapa banyak uang yang ada didompet anda, berapa keinginan yang ada dalam diri anda. Bijaklah untuk mempergunakan uang, pada gambar uang kertas itu menggunakan keringat, darah dan air mata sebagai tintanya, dan uang koin itu terbuat dari tulang belulang makhluk yang tak berdosa.

@salam salim slamet