KEBO IJO (kebodohan yang tersembunyi)

Posted in By wilujeng 0 komentar

KEBO IJO OH KEBO IJO...........
Masih ingatkah postingan dengan judul GAGAK RIMANG, cerita selanjutnya adalah saya menamakan Motor tumpakan saya dengan nama KEBO IJO. Cerita kemudian adalah saya ditanyai temen saya kenapa saya menamakan motor saya dengan Kebo Ijo, alasannya apa, tahu sejarahnya apa tidak. Lalu saya jawab dengan tegas, "SAYA TIDAK TAHU sejarah, mau tak namai dengan Kebo ijo, Ireng, apa Item terserah saya menamai motor saya" jawab saya dengan cueknya.

Kemudian teman saya menerangkan Kebo Ijo sesuai petunjuk dari mbah GOOGLE, begini kisahnya :
Kebo Ijo itu salah satu tokoh lagenda Nusantara pada jaman Ken Arok. Kebo Ijo oleh sebagian orang menganggapnya  manusia sombong, suka pamer dan bodoh. Kebo Ijo selalu  memamerkan Keris Mpu Gandring yang baru pinjami Ken Arok tiap bertemu dengan orang. Sebagaimana cerita, keris Mpu Gandring
Memang  keris  elok dan dahsyat, karena keris dibikin oleh seorang mpu paling mumpuni sepanjang sejarah Kesaktian keris itu diibaratkan ‘ditamakke segoro asat, ditammake gunung, gugrug’ (nasional: dihantamkan lautan, maka lautan jadi kering, dihantamkan gunung, gunungnya hancur). Hebatkan? .

Karena seringnya Kebo Ijo ini memamerkan kerisnya di seluruh Tumapel, maka semua penghuni kota jadi tahu kalau Kebo Ijo punya senjata andalan baru, senjata andalan yaitu sebuah kerisg sangat dahsyat.
Tak tahunya ini hanya strategi kotor setengah cerdas dari Ken Arok. Mas Arok malam malam menyelinap dibiliknya  Kebo Ijo ( dua orang ini bertetangga kamar karena sama sama prajurit penjaga Akuwu Tumapel), lalu diambilnya keris Mpu gandring. Dimalam itu juga Kena arok pergi kekamar Akuwu , dengan memakai keris mpu gandring dia membunuh akuwu dan meninggalkan keris di dada sang akuwu.
Bisa ditebak, esok hari kota tumapel geger karena akuwu mati dengan sebilah keris mencap didadanya. Ken arok dengan segera memimpin sesama prajurit penjaga istana, masuk kekamar akuwu dan menaraik keris yang menancap.
Ini keris siapa ..? kata  Ken Arok; semua orang mengamati keris itu dan serentak bererteriak ‘milik Kebo Ijo !!!!!’ ; Kebo Ijo sendiri yg juga  hadir disitu, tanpa sempat membela diiri langsung ditusuk oleh  Ken Arok sampai mati. cerita lengkap bisa ke  blog lain, atau ini klik kata teman saya menerangkan.

Saya terdiam mendengar cerita sejarah teman saya, "Jadi Kebo Ijo itu ditipu Ken Arok tho?",
"lha iya, sekarang sampeyan masih menamakan motor sampeyan dengan Kebo Ijo?,seperti teman sampeyan menamakan Motornya dengan Gagak Rimang?". "Kebo Ijoitu korban kebodohannya sendiri ditambah kelicikan teman dan dibumbui alibi  palsu dan menyesatkan". Saya  tidak dapat meneruskan kata-kata saya atau pertanyaan lain, dalam hati saya mengatakan saya goblog apa memang saya tidak tahu. yang menjadi masalah adalah saya sudah menamakan Motor saya sebagai Kebo Ijo,itu dengan alasan motor saya warnanya hijau khas KAWASAKI, bukan bermaksud saya membodohi tunggangan saya lalu menikam Kebo Ijo saya dari belakang. Maafkan saya Kebo Ijo, Aku yakinkan Sampeyan bahwa saya bukan Ken Arok, Saya namakan  sampeyan Kebo ijo karena sampeyan tenaganya kuat seperti Kebo.
doa saya semoga kita salam salim slamet selamanya, jangan rewel lagi ya

@untuk motorku, si Kebo Ijo, Kawasaki Blitz-R