-lebaran,kemenangan atau genderang perang-

Posted in By wilujeng 2 komentar

lebaran
-kemenangan atau genderang perang-

Kata Nabi sewaktu datang sebuah hari raya "Hari Lebaran Hanya Bagi Orang Yang Sempurna Puasanya dan Diampuni Dosanya. Hari Ini Kita Lebaran, Besok Juga Kita Lebaran dan Tiap Hari Tanpa Maksiat Kepada Allah SWT Itulah Hari Lebaran"

Lebaran (Iedul Fitri atau Iedul adha) seperti layaknya sebagian terbesar kita merayakannya sebagai hari kemenangan. Pertanyaannya adalah kemenangan dari apa? Pernahkah anda berperang? Melawan apa?. Jika kita Lebaran (Khususnya Iedul Fitri) kita merasa puasa itu berperang, apakan benar puasa kita sebenarnya puasa, sehingga puasa kita bisa mengalahkan hawa nafsu kita hingga meningkatkan kadar kesabaran kita, lalu mengkristal menjadi rasa Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT. Apakah juga puasa kita menjadi puasa yang meningkatkan rasa kemanusiaan kita.

Sebagai kaca kita, lebaran kita selama ini cenderung kearah pesta kemenangan manusia tak beradab. Tengoklah disana, sebuah pesta yang mengatasnamakan kemenangan justru menyakiti orang lain,Semisal membunyikan mercon yang tidak pada tempatnya, belebihan belanja, berlebihan makanan sehingga mubadzir, bahkan ada sebagian yang merayakan dengan pesta, berjoget hingga mabuk.

Lebaran bagi kita harusnya bukan hari kemenangan, tapi sebuah genderang perang melanjutkan genderang perang puasa kita.  Lebaran harusnya REHAT untuk melanjutkan puasa kita.
Kemenangan kita harusnya juga kemenangan orang lain, bukankah tidak enak berpesta sendirian.....
masih bersambung....

@salam, salim, slamet