KEPENTINGAN PRIBADI "DULU" BARU KEPENTINGAN UMUM

Posted in By wilujeng 0 komentar

KEPENTINGAN UMUM JANGAN SAMPAI MENGALAHKAN
KEPENTINGAN PRIBADI

Sebagai makluk hidup tentu saja kita punya kepentingan. Kebutuhan manusia menurut tingkat kepentingannya terdiri dari kebutuhan pokok atau primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi, antara lain sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (rumah). Kebutuhan ini tidak dapat diganti dengan yang lain dan apabila tidak terpenuhi dapat menimbulkan permasalahan dalam hidup manusia yang bersangkutan. Kebutuhan sekunder, adalah kebutuhan yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, misalnya perlengkapan rumah, perlengkapan sekolah, dll. Kebutuhan tersier atau kebutuhan mewah, adalah kebutuhan terhadap barang-barang yang bersifat mewah, misalnya mobil, motor, kulkas, TV, perhiasan, komputer, dan lain-lain.

Jenis kebutuhan menurut waktu dibagi menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi segera, misalnya obat bagi orang sakit, air bagi orang yang haus, makanan bagi orang yang lapar. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya saat ini, namun manfaatnya baru dirasakan di masa yang akan datang, misalnya sekolah, menabung, asuransi, dan lain-lain.

Jenis kebutuhan menurut sifatnya dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan materi dan kebutuhan rohani. Kebutuhan materi atau kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang bersifat kebendaan, misalnya makanan, minuman, pakaian, dan perumahan, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang bersifat kejiwaan, misalnya seseorang membutuhkan hiburan, rekreasi, pendidikan, perasaan aman, cinta, keindahan, seni, agama, dan gengsi.

Jenis kebutuhan menurut kelompoknya dibagi menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan bersama. Kebutuhan individu adalah kebutuhan untuk kepentingan perorangan atau pribadi, misalnya pakaian, makanan, pendidikan, ibadah, dan lain-lain. Kebutuhan bersama adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan secara bersama-sama dan untuk kepentingan bersama, misalnya sarana ibadah, pasar, puskesmas, sekolah, dan lain-lain.

Sebagai bahan diskusi, mari kita pikirkan bersama apakah kepentingan atau kebutuhan pribadi yang sangat individual dan primer seperti KENTUT harus kita pending dahulu karena harus mendahulukan kepentingan atau kebutuhan orang lain?Kalau saja kepentingan umum yang lebih diutamakan apa kita tidak akan KEMBUNG atau sakit perut?

@ salam salim slamet